Minggu, 04 Juli 2010

Merasa

Merasa. Sebuah kata yang tidak setiap orang mampu. Banyak yang merasa bisa. Tetapi sering manusia tidak bisa merasa.

Merasa dicintai. Merasa mencintai. Rasa cinta. Rasa yang sering merusak. Rasa yang sering memberikan energi baru bagi yang merasakannya.

Cinta. Seperti sebilah pisau. Ia menjadi penuh manfaat jika manajemennya tepat. Namun rasa cinta sering menjadi terkuak ke permukaan dan mengantarkan insan yang merasakan menjadi ‘tersangka’. Tersangka karena terkena virus. Terkena penyakit hati yang merusakkan niat. Dan sering insan tersebut akhirnya tersingkir dari kancah perjuangan dakwah.

Tapi apakah cinta itu virus?
Bukankah cinta itu fitrah manusia?
Bukankah rasa suka itu lumrah dan wajar?
Lalu, kenapa sering rasa itu menjadi penghancur?

Sebenarnya, penyikapan dan penataan hati saat rasa itu hadar yang menjadikan insan menjadi tersalah. Sebuah aksioma dalam hal ini: Bahwa satu obat rasa itu adalah NIKAH.

Jelas dan lugas. Tatkala hal ini tak terpenuhi, di sinilah sering terjadi kesalahan. Rasa itu menjadi bumerang. Aktivitas menjadi berkurang. Banyak merenung, menghayal dan berangan-angan. Kemudian hadirlah rasa yang seolah menjadi keyakinan: Dia adalah yang terbaik untukku. Sebuah keyakinan yang sebenarnya terbentuk sebagai bentuk interaksi dengan hayalan yang dibangun oleh syetan.

Yang terbaik
Siapakah yang terbaik untukku?
Jawabannya akan diperoleh setelah semua prosedur pernikahan dijalani dengan benar. Proses ta’arru yang suci dari hal yang tidak dibenarkan Islam. Khitbah yang jauh dari acara jahili. Dan akad nikah yang di sertai walimatul ursy yang jauh dari kebiasaan jahili. Setelah akad itulah pertanyaan itu dapat dijawab. Dialah yang Allah Pilih sebagai insan terbaik untukmu. Dan jikalau di masa datang Allah takdirkan berpisah (semoga tidak terjadi), percayalah Allah akan memberikan yang terbaik.

Menurut kita, x itu yang terbaik. Tetapi boleh jadi Allah memberikan yang lain. Karena Allah yang mengetahui kebutuhan hamba-Nya. Akankah kita mengingkari Allah itu maha pengasih, maha penyayang dan maha bijaksana?

Sehingga, tatkala hadir rasa cinta, tanyakanlah hatimu dan renungilah semua sisi kehidupan. Kehidupan ukhrowi dan duniawi. Boleh jadi yang menurut kita baik agamanya tetapi ternyata tidak Allah kabulkan untuk menjadi milik kita karena ternyata dia berubah di kemudian hari. Atau, jika kita bertemu dengannya, kita kan mejadi durhaka atau manja sehingga perna dakwah kita menjadi berkurang. Demikianlah. Allah selalu lebih tahu daripada kita yang merasa cinta. Karena Allah adalah sang pencipta. Dia maha tahu dan maha bijaksana.
Semoga tidak ada perasaan merasa lebih tahu dan merasa bisa menentukan takdir hidup sendiri. Karena Allah yang menentukan sesuai kehendaknya. Maka benahilah usaha. Genapkan ikhtiar. Biarkan Allah memberikan balasan-Nya. Sucikanlah hati bersama rasa itu. Jangan biarkan Dia cemburu karena cintamu terbagi dari cinta-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar